RSS

5. Teknologi di dalam Jaringan

14 Jan

a.   Ethernet

      Adalah teknologi yang mengijinkan node-node berhak mengakses jaringan, jika dua komputer didalam sebuah jaringan berusaha mengirim data dalam waktu yang sama, akan terjadi tabrakan dan komputer akan berusaha mengirim kembali data tersebut.

 

b.   TCP / IP ( Transmission control Protocol / Internet Protocol )

Adalah teknologi jaringan yang mengatur transmisi data dengan membaginya menjadi paket-paket. Paket dikirim secara acark, dan masing-masing paket akan dikirim menggunakan jalur individual tercepat mana saja yang tersedia menuju penerima menggunakan sebuah perangkat komuniksi bernama router.

c.  802.11

Dikembangkan oleh IEEE ( diucapkan ai triple ii ), 802.11 adalah standar yang digunakan oleh jaringan LAN nirkabel (wireless). Teknologi ini memungkinkan antar komputer berkomunikasi menggunakan gelombang radio.

d.  Bluetooth

Adalah teknologi komunikasi antar komputer atau perangkat yang menggunakan gelombang radio jarak dekat, kecepatan yang digunakan berkisar 1 Mbps (mega byte per second ) dan jarak antara kedua komputer atau perangkat sekiar 10 meter, sinyal bisa diperkuat menggunakan alat sehingga jarak antar perangkat bisa lebih jauh lagi.

e.  IrDA

Juga digunakan untuk komunikasi jarak dekat. Bedanya dengan Bluetooth, IrDA menggunakan gelombang cahaya inframerah. Kecepatan yang dihasilkan berkisar antara 115 Kbps hingga 4 Mbps. Kelemahan dari IrDA adalah kedua perangkat harus ditempat sejajar dan tidak boleh ada sesuatu yang menghalangi jalur sinar.

 
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: