RSS

Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi

01 Agu

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 Mata Pelajaran                   : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester                : XII / Genap

Standar Kompetensi          : Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi

Waktu                                   :  4 x 45 menit

Satuan Pendidikan            : SMK NU 04 Patebon

I.                KOMPETENSI DASAR

2.1. Menggunakan menu, ikon yang terdapat pada perangkat lunak pembuat presentasi

II.              INDIKATOR

  • Mendeskripsikan manfaat program presentasi
  • Mengidentifikasi fungsi menu, tools dan ikon

III.             TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat

Pertemuan kesatu (2 jam pelajaran)

  • Mendeskripsikan manfaat program presentasi Power Point dalam kehidupan sehari-hari
  • Mengidentifikasi bagian-bagian lembar kerja power point
  • Mengidentifikasi menu yang ada pada program presentasi Microsoft Power Point

Pertemuan kedua (2 jam pelajaran)

  • Mengidentifikasi tool menu yang ada pada program Power Point
  • Mendemontrasikan beberapa fungsi dari tool menu

IV.            MODEL PEMBELAJARAN

Multi Model Pembelajaran (Model Pembelajaran Langsunng, Praktik Model Pembelajaran Kooperatif)

V.             SUMBER BELAJAR

  1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
  2. Modul  Pembelajaran Sadiman
  3. LKS (Soal Uji Indikator)

VI.            KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.       Pendahuluan

1.    Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran

2.Apersepsi tentang presentasi

3.Motivasi promosi dengan media

B.       Kegiatan Inti

Pertemuan ke-1 (2 jam)

  1. Guru mengajar siswa untuk berdiskusi mengenai media presentasi yang masih banyak digunakan di sekolah seperti Slide film dan OHP
  2. Guru mendemontrasikan melalui layar LCD cara mengaktifkan Power Point
  3. Guru selalu mengingat siswa agar tidak melakukan aktivitas apapun pada saat proses pengaktifkan power point.
  4. Siswa diajak untuk mengidentifikasi bagian-bagian yang ada pada lembar kerja Power Point
  5. Siswa diajak untuk mengidentifikasi menu-menu, sub menu yang tampil untuk setiap menu dan mencatat beberapa menu, sub menu, menu cascading  yang  penting dan sering digunakan dalam operasional Power Point
  6. Siswa diminta untuk keluar dari Microsoft Power  Point dengan cara yang benar
  7. Siswa diajak untuk mengaktifkan program Microsoft Power Point
  8. Siswa berdiskusi dengan temanya mengenail tool-tool yang ada, cara untuk menampilkan dan menyembunyikan tool yang ada
  9. Siswa mendemontrasikan beberapa fungsi dari tool menu yang ada, terutama untuk tooll menu yang tidak ada dalam lembar kerja sebelumnya
  10. Siswa diajak untuk mengisi teksbox sederhana
  11. Guru minta agar siswa belajar menyimpan dokumen Power Point dengan metoda yang meraka kuasai

Pertemuan Kedua

C.      Penutup

  1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator
  2. Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini

VII.        EVALUASI & PENILAIAN

A. Penilaian Pemahaman Konsep (Kognitif)

(Skor 0 – 100)

  1. Apa yang dimaksud lembar presentasi ?
  2. Sebutkan dan beberapa program presentasi yang kamu ketahui !
  3. Jelaskan apa keunggulan yang dimiliki oleh Microsoft Power Point !
  4. Sebutlkan dan jelaskan menu-menu yang dimiliki oleh Microsoft Power Point !
  5. Jelaskan syarat-syarat lembar presentasi yang baik !
  6. Jelaskan nama dan fungsi dari tool menu berikut ini

A.

B.

C.

B. Penilaian Praktik (Psikomotorik)

Meliputi :

– Keterampilan mengaktifkan dan menonaktikan MS. Power Point (1 – 20)

– Keterampilan menampilkan sub menu secara lengkap  (1 – 20)

– Kemampuan mengidentifikasi dan menggunakan menu (1 – 20)

– Kemampuan  mengidentifikasi dan menggunakan tool menu (1 – 20)

– Kemampuan menyimpan dengan menu dan tool menu (1 – 20)

C. Penilaian Afektif (Sikap)

Meliputi :

–          Kehadiran di kelas ketepatan kehadiran di kelas  dengan rentang (1 – 4)

–          Ketepatan waktu pengumpulan tugas (1-4)

–          Frekuensi menjawab soal (menunjuk jari, maju, mengkomentari jawaban teman) (1-4)

–          Sikap yang ditunjukan pada saat praktek (1 – 4)

–          Kerjasama dengan anggota kelompok atau dengan teman di dekatnya pada saat menyelesaikan masalah (1 – 4)

 

Mengetahui                                                                                                 Pangkalan Balai,

Kepala SMK NU 04 Patebon                                                                      Guru Mata Pelajaran TIK

Mahfud, SE                                                                                               Naily Ni’mah, A.Md

NIP.                                                                                                            NIP.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 1, 2011 in Perangkat Pembelajaran

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: